Photobucket

Senin, 17 Oktober 2011

Mengenal Kabupaten Belitung Timur

Kabupaten Belitung Timur adalah kabupaten yang terbentuk berdasarkan undang-undang Nomor 5 Tahun 2003, dengan Ibu Kota Manggar, yang letak wilayahnya 107º 45' - 108º 18' Bujur Timur dan 02º 30' - 03º 15' Lintang Selatan. Kabupaten Belitung berbatasan dengan :
  1. Sebelah Barat dengan Kabupaten Belitung
  2. Sebelah Timur dengan Selat Karimata
  3. Sebelah Selatan dengan Laut Jawa
  4. Sebelah Utara dengan Laut Cina Selatan
Wilayah Kabupaten Belitung Timur merupakan pemekaran dari Kabupaten Belitung dengan luas wilayah daratan 2.506.910 Km² dan terdiri dari 7 Kecamatan dan 33 Desa. Jumlah penduduk pada awal Tahun 2008 tercatat 98.686 jiwa yang terdiri dari barbagai etnis suku di Indonesia termasuk keturunan Cina.
Penduduk asli berasal dari etnis Melayu dan semua etnis ini hidup berdampingan, saling berbaur dengan suku-suku pendatang, bahkan banyak menjadi perkawinan antar etnis. Sebagian besar penduduk memeluk agama Islam dan selebihnya beragama Katolik, Protestan, dan Budha. Rasa sosial dan gotong royong masih sangat menonjol pada masyarakat Belitung Timur. Hal ini tercermin dalam setiap kegiatan khususnya penyelenggaraan upacara adat.
Kabupaten Belitung Timur dikenal juga sebagai daerah penghasil Timah, Kaolin, Pasir Kwarsa, Lada Putih, dan hasil laut berupa hasil tangkapan ikan-ikan segar.
Daerah ini juga mempunyai aset potensi pariwisata yang sangat menjanjikan dengan letak yang strategis disertai dengan keadaan alam yang relatif aman khususnya wisata bahari dengan pantainya yang landai disertai ombak kecil dan sekitar pulau-pulau banyak terdapat tempat-tempat pemancingan dengan terumbu-terumbu karang yang masih sangat baik dan indah. Sehingga sektor Pariwisata diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).
http://disbudpar-beltim.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar