Photobucket

Kamis, 20 Oktober 2011

Sejarah Legging, dari Skotlandia

Sejak berabad-abad lalu, legging telah dipakai baik oleh laki-laki maupun perempuan.
Namun akhir-akhir ini legging nampaknya hanya menjadi fashion perempuan, sedangkan laki-laki sudah tidak lagi memakainya.
Memakai legging tidak hanya membuat penampilan menjadi modis, namun juga membantu melindungi kulit agar tetap hangat.

Selain itu, legging juga digunakan untuk melindungi kaki dari gigitan serangga atau binatang seperti kutu.
Pada mulanya, legging dipakai di Skotlandia selama abad ke-14 hingga ke abad 16. Waktu itu, legging dirancang terpisah untuk setiap kaki.
Ketika legging menyebar ke berbagai tempat di dunia, cara pembuatan dan pemakain legging mulai berubah. Bahkan ada legging yang terbuat dari kulit binatang.
Legging yang terbuat dari kulit biasanya dipakai oleh orang-orang yang akan pergi berburu atau mendaki gunung.
Seiring dengan perkembangan jaman, legging cenderung digunakan sebagai pakaian modis daripada berfungsi sebagai pelindung. Kulit yang disamak menjadi bahan yang paling disukai untuk membuat legging hingga saat ini.
Pada abad ke-19, legging menjadi pakaian umum yang dipakai oleh perempuan dan gadis-gadis muda. Namun, saat itu legging dibuat terpisah untuk setiap kaki.
Awal tahun 1960 adalah masa ketika legging mulai banyak dijumpai di toko-toko. Pada masa itu legging dirancang jauh lebih ketat daripada sebelumnya dan dibuat tidak lagi terpisah.
Bagian atas dari legging modern seperti celana biasa. Saat inilah legging mulai identik sebagai pakaian perempuan, bukan lagi sebagai pakaian uniseks.
Pada 1980-an, legging menjadi pakaian yang umum dipakai untuk gym dan olahraga lainnya. Selama tahun 90-an, legging banyak ditemui dengan padanan rok pendek, gaun, sweater, dan kemeja besar.
Saat ini, legging juga dikenakan dengan celana pendek. Selain legging yang makin ketat, para desainer mencoba bereksperimen dengan berbagai bahan. Skinny jeans misalnya, adalah pengembangan dari rancangan legging.
Legging untuk laki-laki mulai marak lagi pada tahun 2007, ketika diperagakan dalam acara rutin Fashion Week. Saat ini, legging telah menjadi gaya berpakaian yang diterima sebagai pakaian resmi bahkan di lingkungan perkantoran.
Selain itu, saat ini tersedia legging dengan berbagai warna, gaya, desain, ukuran, dan bahan elastis.
Legging yang semula berfungsi sebagai pelindung, sekarang bergeser menjadi pakaian untuk tampil modis.


Sumber: ezinearticles.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar