Photobucket

Jumat, 14 Oktober 2011

SMK MalPraktek

"Prakerind" demikian nama ataupun istilah yang digunakan untuk Praktek Kerja Industri yang dulunya lebih akrab disapa dengan Magang atau Praktek Kerja. Bagaimana hal ini dapat terjadi?
Dirjen PSMK pusat menginginkan hasil lulusan SMK memiliki daya kerja dan usaha dalam Kewirausaan yang artinya mampu membangun usaha sendiri dari keretampilan yang mereka miliki ataupun peroleh semasa pendidikan di SMK, sehingga akan berpengaruh pada angka penguragan pengangguran lulusan yang bermuaranya pada angka Pengangguran Nasional.
Namun yang terjadi di sisi lain adalah adanya istilah Mal Praktek SMK, dimana Jurusan yang berada didaerah tersebut tidak memiliki tempat industri dan usaha yang berhubunga erat dengan apa yang mereka (siswa) pelajari di SMK yang jurusannya telah mereka pilih, sehingga istilah 'tidak nyambung' tersandang untuk hal ini.
SMK Negeri 1 Manggar telah melakukan PSG Pendidikan Sistem Ganda yang setara dengan istilah Prakerind sebanyak 4 kali, jurusan yang mengalami kendala adalah jurusan TKJ, Teknik Komputer Jaringan. di Pulau Belitung yang khusunya adalah Belitung Timur memiliki dunia usaha-industri yang minim dengan sektor yang berhubungan pada jurusan yang dimaksud, sehingga para sisiwa terpaksa harus praktek kerja di banyak instansi pemerintah yang hanya mengetik dan memperbaiki komputer dan printer. Hubungan yang tidak sehat antara jurusan Teknik Komputer Jaringan dengan kondisi dunia usaha dunia industri  yang ada di Belitung Timur aka mempengaruhi hasil lulusan yang bersinergi denga keterampilan dalam bekerja. Tidak sedikit siswa yang melakukan Prakerind/PSG ke luar wilayah, misalnya Bandung, Jakarta, Pangkal Pinang Bangka dan lain sebagainya.
Hal ini di kerjakan untuk memenuhi apa yang menjadi singkronisasi dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan, sangat dimungknkan sekali hal ini juga terjadi di SMK yang lain di luar Kabupaten Belitung Timur.
Sehingga tidak heran jika mereka yang berjurusan Teknik Komputer Jaringan mengalami kesulitan dan kebingungan saat mendapatkan tugas prakerind mengetik secara menejemen, artinya kerja yang mereka lakukan adalah kerja yang berhubungan dengan menejemen.
Peristiwa ini telah berlangsung sejak 2008 hingga tahun 2011 inipun masih sama,
Telah dilakukan banyak upaya pencarian tempat Prakerind yang sepadan dengan Jurusan TKJ, namun hasilnya masih harus menanggung kerja mal praktek.

Apa dan bagaimana upaya Dinas Pendidikan Kabpaten Belitung Timur dalam menyikapi hal tersebut?
karena hal ini terhubung erat dengan tumbuh kembang daerah dalam pertumbuhan Dunia Usaha Dunia Indutri atau lebih dikenal dengan istilah "DUDI" (Dunia Usaha Dunia Industri).
Sementara itu di Kabupaten Belitung Timur terdapat 5 SMK Negeri maupun Swasta yang prakerind atau praktek pada waktu dan tempat yang sering sama.
by.Yayat Adang Sujana,S.Sos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar